Wednesday, April 8, 2015

Pendidikan Tinggi Indonesia di Pasar Internasional?


Abad Asia 2050 dan ASEAN Single Community 2015 akan membawa pola hubungan negara di wilayah ASEAN ke dalam hubungan yang sama sekali baru. Bukan hanya negara-negara di wilayah ASEAN sebenarnya, tetapi juga wilayah di sekitar regional ini seperti Australia dan Selandia Baru. Pada tahun 2013,  Australia bahkan sudah menerbitkan white paper yaitu sebuah naskah yang berisi strategi Australia dalam menyambut tantangan abad Asia 2050. Dalam dokukmen tersebut, Australia benar-benar menempatkan  ASEAN sebagai partner kerjasama regional yang penting. Hal ini bisa dimaklumi. Walaupun secara geografis Australia berada di dalam kelompok negara-negara Melanesia, tetapi dalam percaturan ekonomi, Australia lebih dekat dengan negara-negara ASEAN.

White paper  tersebut diturunkan ke dalam dokumen lain yang tidak  kalah menarik buat saya; Indonesia; Country Strategy. Dokumen ini berisi tentang strategi  dalam hubungan kerjasama dengan Indonesia.

“Each strategy outlines a vision of where Australia’s relationship with the country should be in 2025 and how we, the Australian Community, intend to get there (Indonesia Country Strategy: 2013)

Dalam bidang pendidikan, salah satu strategi  Australia dalam menghadapi tantangan tersebut adalah dengan menjadikan Bahasa Indonesia diajarkan sejak sekolah menengah. Dan tentu saja bukan rahasia apabila banyak universitas-universitas yang menawarkan program Studi Indonesia dan mendirikan research centre yang fokus mengkaji wilayah ASEAN dan juga Indonesia secara khusus. Kita mungkin juga familiar dengan program ACISIS yang mengirimkan mahasiswa-mahasiwa Australia untuk belajar tentang Indonesia langsung di  perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia secara langsung, lengkap dengan program-program lapangan dan research project yang langsung bersentuhan dengan masyarakat Indonesia. Bukan hanya Australia, sebenarnya mata negara-negara di dunia tengah tertuju kepada negara-negara Asia. Semua mata tertuju padamu. All eyes are on you.

Kota tempat saya berada saat ini pun, Yogyakarta, diramaikan oleh mahasiswa asing yang hanya khusus datang untuk belajar bahasa Indonesia, maupun belajar tentang politik dan pemerintahan di Indonesia. Bahkan, di Fakultas Bisnis kampus tempat saya kuliah, setiap semester selalu ada sekitar 50 orang mahasiswa yang datang untuk belajar  di sekolah bisnis untuk satu  semester maupun lebih. Tujuan mereka bermacam-macam. Mahasiswa dari Cina dan Korea yang biasanya banyak datang melalui program beasiswa Darmasiswa mungkin pemerintah mereka antusias mengirimkan mereka untuk belajar di Indonesia karena Indonesia adalah pasar yang besar untuk produk-produk mereka. Belajar langsung di negara yang menjadi pasar produk mereka tentu saja akan membuat mereka lebih mengenali dinamika pasar dari dekat. Sebuah aset masa depan.

Seorang teman dari Taiwan yang kuliah di Sekolah Bisnis di Beijing mengatakan dia dimotivasi oleh Bapaknya untuk datang belajar bahasa Indonesia di Yogtakarta untuk mempersiapkan kemungkinan ekspnasi bisnis IT keluarga mereka di Indonesia. Setelah dua semester di Yogyakarta,  teman Hongkong saya tersebut sudah memulai usahanya sendiri di Bidang Tour & Travel yang memfasilitasi para turis China datang ke Indonesia. Seorang teman yang lain lagi, mahasiswa master di Paul H. Nietze School of Advanced Internatioanal Studies, The John Hopkins University yang fokus belajar tentang keuangan internasional dan juga keuangan di Asia datang dua kali ke Indonesia. Yang pertama, dia datang khusus untuk belajar Bahasa Indonesia di Yogyakarta, yang kedua datang ke Jakarta untuk magang di perusahaan Malaysia yang beroperasi di Indonesia. Seorang teman yang lain lagi, berkewarganegaraan Portugal dan Brazil juga datang untuk belajar di sekolah bisnis di kampus saya selama satu semester, untuk mengenali atmosfir bisnis di Asia katanya. Bahkan dia berkongsi menulis paper tentang currency dalam ASEAN Single Community dengan seorang dosen muda di Fakultasnya. Itu akan menjadi nilai plus buat dia ketika terjun ke dunia kerja di Portugal sana, dia berwawasan “asia” dan siap membuat strategi bisnis perusahaan untuk pasar Asia, misalnya.

Percakapan dengan seorang teman Jerman lebih menarik lagi. Kami sedang berbincang tentang dinamika ASEAN Single Community sambil menikmati makan siang di kantin.Kami bercakap dalam bahasa Indonesia yang sangat formal, sesuai dengan KBBI, karena itulah standar bahasa yang diajarkan di sekolah bahasa tempat dia belajar di kota ini. Dia juga mengikuti perkuliahan di FISIP kampus saya.  Ketika pembicaraan menyentuh tentang Filipina, dia tidak punya banyak wawasan tentang negara tersebut. menurut dia, pemerintah mereka mungkin tidak menganggap negara tersebut “penting” dalam kerjasama internasional Jerman. Sebaliknya, Indonesia menurut dia adalah sebuah negara partner yang sangat penting.

Fenomena mobilisasi mahasiswa internasional ke negara kita tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa demand untuk pendidikan tinggi di Indonesia sangat besar. Hal tersebut kemudian membawa saya kepada pertanyaan, sudah sejauh mana langkah yang dilakukan oleh Indonesia sebagai negara dalam merespon demand tersebut? Dalam hal visa misalnya, informasi yang menyelurus tentang pendidikan tinggi di Indonesia misalnya, dan hal-hal lainnya yang memudahkan mahasiswa tersebut untuk hidup di Indonesia, ataupun menarik mahasiswa lain di luar sana untuk datang dan belajar di Indonesia. Namun, dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, belum ditemukan sebuah sistem terpadu yang memudahkan mobilisasi mahasiswa internasional ke Indonesia seperti website yang langsung mengarahkan mahasiswa internasional untuk mengetahui pendidikan tinggi yang ditawarkan oleh Indonesia.

Berdasarkan pengamatan saya terhadap teman-teman mahasiswa Internasional di sini, mereka sangat antusias untuk belajar di Indonesia walaupun dengan segala keribetannya. Mahasiswa dari belahan bumi lain tentu saja senang berada di negara tropis dengan nilai tukar mata uang yang lebih redah dengan mata uang mereka. Siapa sih yang nggak senang bisa kabur ke Bunaken untuk menyelam di akhir pekan. Siapa sih yang tidak senang menjelajah NTT yang eksotis itu di waktu kosong perkuliahan. Malahan, ada seorang teman mahasiswa asing lagi yang practically dia tinggal di Gili  Terawangan dan pantai-pantai di Lombok sana dan hanya terbang ke Jogja untuk mengikuti perkuliahan yang hanya dua hari. Ada low cost carrier ini! Belum lagi gunung-gunung yang menantang untuk didaki ada di mana-mana di negara kita ini. Dengan semua potensi keindahan alam tersebut, seharusnya bisa menjadi bahan marketing yang aduhai untuk menarik pemuda-pemuda benua sebelah tersebut berbondong-bondong belajar ke Indonesia. Belajar sambil menikmati alam tropis dan budaya yang eksotik!

Berbeda dengan Malaysia yang benar-benar melihat kesempatan “semua-mata-tertuju-padamu” itu dengan membuat portal informasi yang menawarkan mahasiswa internasional untuk belajar di Malaysia melalui www.studymalaysia.com, educationmalaysia.gov.my atau pemerintah Belanda yang mempunyai www.nuffic.nl. www.studyinholland.nl , bahkan sebuah institusi lengkap dengan website yang khusus untuk segmen pasar calon mahasiswa dari Indonesia di www. nesoindonesia.or.id. Sementara itu, negara tetangga di Pasifik juga gencar mentargetkan Indonesia sebagai pasar pagi pendidikan tinggi mereka (Autralian White Book: 2013).

Bagaimana dengan di level institusi Perguruan Tinggi? Seharusnya dengan semua sumber daya yang dimiliki, hal tersebut bisa dilakukan. Apalagi untuk perguruan tinggi yang berstatus otonom (PTNBH) yang mempunyai kewenangan memutuskan segala hal tanpa melibatkan pemerintah. Kewenangan yang dimiliki melalui otonomi perguruan tinggi seharusnya cukup untuk melakukan hal tersebut. Salah satu tujuan otonomi tersebut untuk membuat pengambilan keputusan menjadi cepat dan mudah bukan?

Dalam pola system thinking kasus ini bisa diklasifikasikan sebagai growth and under investment. Kondisi ini terjadi dimana sebenarnya sebuah institusi bisa mencapai target tertentu, sementara pengambil kebijakan (biasanya pemimpin) menunda mengambil keputusan besar yang drastis dan nyaman dengan keadaan biasa saja. Penundaan (delay) pengambilan keputusan tersebut tidak kelihatan dampaknya sekarang , tetapi dalam jangka panjang biasanya akan muncul sebuah akumulasi efek yang tidak menguntungkan institusi.

Kasus ini juga sama dengan kondisi Indonesia yang tengah menikmati bonus demografi dimana komposisi usia produktif populasi penduduk Indonesia lebih tinggi daripada populasi usia non-produktif. Kondisi ini hanya berlangsung sementara, yaitu sampai tahun 2020. Investasi kebijakan yang harus dilakukan oleh pemerintah atau siapa pun yang mempunyai kepentingan dengan fakta ini tentunya harus diambil saat ini. Dalam kasus investasi pendidikan yang hasilnya baru akan terlihat dalam jangka panjang, apabila kebijakan pendidikan di level negara, ataupun strategi organisasi di tingkat perguruan tinggi tidak diambil saat ini (seharusnya sudah dari beberapa tahun sebelumnya), menunggu lebih lama lagi tentu akan terlambat.


*Di sela-sela mengetik thesis, Bulaksumur, 8 April 2015