Thursday, September 2, 2010

Pontianak 4# Mie Sagu dan Pisang Pontianak

    Selain aneka macam kue dan Es Cincau, menu berbuka bersama keluarga sahabat saya, Ridho adalah Mie Sagu. Menu yang asing buat saya. Karena selama ini saya cuma pernah merasakan sagu mutiara sebagai makanan olahan dari sagu. Selain itu, ustadz saya juga sering cerita tentang kelezatan papeda yang disiram dengan kuah ikan kuning, makanan khas di kampung halaman saya yang berasal dari ambon itu. Nah, Mie sagu baru saya lihat wujudnya hari ini.


 

Bentuknya mirip dengan bihun tapi lebih besar. Biasanya mie sagu yang dijual di pasar ada yang siap dinikmati dan ada juga yang hanya ditumis dan kuahnya dibuat sendiri di rumah. Makanan ini hand made dan khas pontinak banget. Sore ini, dengan semangat (padahal saya malu-malu sungkan gitu. Ini hanya untk efek dramatisasi sajaJ) saya menyendokkan mie ke sagu ke piring saya dan menuangkan kuah setelahnya. Tak sabar tangan saya langsung mnyendokkan mie ke mulut saya dan merasakannya.


 

Hmm...rasanya kenyal-kenyal gimana. Kuah nikmat berpadu dengan mie sagu yang kenyal ternyata sangat nikmat. Selain itu, makanan ini cukup mengenyangkan dan tidak membuat perut perih seperti sehabis memakan mie instan. Tapi kayaknya mereka harus mencoba variasi resep mie sagu deh. Kalau kuahnya dibuat manis kayak kuah kolak atau cendol gitu, kayaknya enak juga deh.


 

Selain terkenal karena jeruknya yang manis (sebenarnya sih penghasil jeruk itu bukan Pontianak tetapi Sambas. Sama halnya dengan Malang yang terkenal karena Apel walaupun yang mengasilkannya adalah kota Batu), yang sering saya dengar adalah pisang goreng pontianak. Katanya, pisang dari pontianak itu enak. Dan pisang adalah buat favorit saya. Love banana! Makanya, saya pengen banget merasakan makanan berbahan pisang. Dengan modal penasaran tadi saya mencoba menyusuri jalan-jalan mencari penjual pisang bakar atau syukur-syukur kalau ketemu banana pancake kesukaan saya itu.


 

Hampir semua jalan "kuliner saya lewati dan saya tidak menemukan satu pun penjual pisang bakar atau kafe yang bertuliskan pisang bakar sebagai menunya. Malahan, akhirnya pisang bakar itu saya temukan di sebuah coffee shop di Mega Mall. Dan yup...pisangnya enak banget. Tebal dan empuk. Makanya bagi yang mau buka bisnis kuliner di Pontianak, menyediakan pisang bakar sebagai menu is strongly recommended deh. Jangan lupa juga untuk menyediakan banana pancake. How come they don't know this kinda heaven food. Yup, it is a heaven food which is scattered on the earth. You have to try people!

1 comment:

  1. wah,,kalau mencari pisang goreng pontianak di pontianak jangan harap di cafe gan,,sebab pisang goreng itu makanan rakyat dan di jual oleh pedagang kecil pinggir jalan yg menjajakan gorengan,,makannya biasa dengan sambel,susu atau taburan gula,,nah kalau jalan ke warung kopi di kawasan pasar di pontianak akan menemukan pisang goreng yang sama namun dimakan dengan selai kaya,,

    ReplyDelete

Whaddaya think?