Wednesday, March 23, 2011

Tips Membeli Tiket Pesawat Murah


Sebagai (orang yang mengakui dirinya) traveler, saya selalu mencoba mencari tiket yang paling murah dari penawaran yang ada untuk perjalanan udara saya. Banyak orang yang mengkoleksi banyak contact agen penjualan tiket supaya bisa telepon sana-sini untuk membanding-bandingkan harga tiket, atau ada juga yang mencoba menjalin "pertemanan" dengan para agen tiket untuk mendapatkan tiket murah. Saya pun dulu pernah begitu sebelum 'sadar' bahwa dengan "interconnecting era" seperti ini ada cara yang lebih mudah dan murah. Yups, dengan bantuan internet.


 

Semua maskapai penerbangan (at least di Indonesia), punya website di internet yang melayani pembelian online. Nah, menurut pengalaman saya, membeli tiket online lebih mudah dan murah daripada membeli di agen perjalanan. Selisih harga online dan agen perjalan cukup jauh, sampai Rp. 200.000'- Tapi itu kalau kita tahu strateginya. Ini dia beberapa tips membeli tiket online:


 

Pertama, tentu saja kita harus punya media pembayaran yang online juga. Bisa kartu kredit, debit atau ATM. Ada beberapa maskapai yang hanya menerima pembayaran lewat kartu kredit atau debit saja. Atau ada juga yang mengkhususkan untuk debit atau kartu kredit bank-bank tertentu saja. Keuntungan mempunyai kartu kredit, anda bisa cepat nangkap tiket murah dari Airasia karen amemang hanya bisa dibayar pakai credit card. Kalau anda merasa mengurus kartu kredit itu sulit, punya ATM aja cukup. Sekarang siapa sih yang nggak punya ATM?


 

Kedua, pastinya koneksi internet dong. Anda hanya perlu mengunjungi website maskapai yang anda inginkan atau mengunjungi semuanya untuk membandingkan. Kalau mau pakai Lion Air misalnya, anda cukup mengunjungi http://lionair.co.id dan langah selanjutnya sangat-sangat gampang. Segampang menguteki kuku. Segampang mengoleskan pelembab ke muka. Anda hanya diminta untuk mengisi jadwal perjalanan dan rute yang anda inginkan. Setelah itu, tara….! Muncullah jadwal penerbangan yang tersedia lengkap dengan harganya. Anda hanya perlu memilih kelas dan harga yang paling sesuai dengan kantong anda. Kalau saya mencari yang paling murah pastinya. Setelah itu lanjut ke langkah selanjutnya, anda hanya butuh mengisi data pribadi, nomor kontak, email dan pilihan ATM bank yang sesuai dengan kartu ATM anda. Kalau pilihan kartu ATM anda tidak ada tertera di sana, jangan sedih. Klik aja pilihan "Bank lainnya". Tapi selama anda menggunakan bank-bank nasional, pasti akan tertera di pilihan itu. Setelah selesai semua, catat kode booking dan kode pembayaran ATM anda. Biasanya anda akan diberi batas waktu untuk membayar kira-kira 5 jam (ada tertulis di situ kok).


 

Langkah di internet selesai, anda tinggal melenggang gaya ke ATM terdekat. Masukkan kartu anda dan pilih menu pembayaran dan sub menu "Q-pay". Setelah itu tinggal pilih maskapai yang anda booking online tiketnya tadi. Setelah itu anda akan diminta untuk memamasukkan kode booking ATM yang telah anda salin dari internet tadi. Klik, klik, klik, selesai deh. Struk pembayaran di ATM itu akan menjadi tiket anda yang tinggal anda kipas-kipaskan di depan petugas check in di Airport saat anda berangkat. Kalau strukny hilangpun nggak apa-apa yang penting anda masih menyimpan atau hafal kode booking anda. Sebutkan kode booking, anda bisa check in.


 

Nah, itu tadi langkah-langkahnya. Ini ada beberapa tips untuk mendapatkan harga yang murah:

  1. Booking jauh-jauh hari. Semakin lama-semakin murah. Makanya, rencanakan jadwal perjalan anda dengan matang. Jangan sering-sering membuat keptusan melakukan perjalanan di last minute.yah, keculai anda punya banyak uang dan nggak masalah dengan harga tiket.
  2. Usahakan jangan memilih perjalanan pada saat weekend, hari libur, sehari menjelang hari libur atau senin pagi. Paling bagus sih hari selasa atau rabu. Mengapa? Karena pada hari-hari tersebut tidak banyak orang yang elakukan perjalanan.
  3. Kenali dengan baik budaya mudik daerah tujuan anda. Kalau anda ingin ke Pontianak misalnya, usahakan jangan memilih waktu pada buan-bulan masyarakat Chinese sembahyang kubur. Pada saat itu mereka dari seluruh pelosok Indonesia akan mudik ke Pontianak. Jadi harga tiket pun melambung tinggi. Biasa hokum supply and demand.
  4. Nah, kalau mau yang lebih murah, coba pantengin aja website masakapai yang bersangkutan pada tengah malam. Biasanya harganya lebih murah daripada yang di siang hari. Mengapa? Karena mungkin banyak tiket yang sudah dibooking online di cancel alias nggak jadi dibeli sama calon penumpang.


 

Itu dia trik untuk mendapatkan tiket murah. Zaman serba online kayak gini memang memudahkan banget. Makanya, anda nggak perlu takut untuk travelling dan naik pesawat karena dengan bertebarannya budget airlines seperti sekarang ini, harga tiket bus bahkan hanya berselisih harga sedikit saja dengan tiket pesawat. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa lebih murah daripada tiket bus. Lagipula, tiket airasia, sering Rp. 0 atau dibawah Rp. 100.000'- tuh. Yang penting rajin-rajin aja pantengin website nya buat "nangkepin" itu tiket. Dengan Rp. 0, anda sudah bisa pergi ke Singapura, Malaysia atau Jogjakarta.


 

Apakah anda juga punya trik buat ngedapatin tiket murah? Share ya!

No comments:

Post a Comment

Whaddaya think?