Tuesday, August 11, 2009

Catatan Akhir Kuliah part#1: The Best "Satpam" in the World

Ahirnya sampai juga ke ujung yang aku harus lewati sebagai mahasiswa S1. belum ujung-ujung amat sih. tapi 99,999999% lah. tinggal menunggu penentuan setelah menmbuktikan kalau ak pantas menjadi sarjana di depan para penguji bulan depan. jadi, bolehlah aku bilang kalau aku sudh sampai ke ujung. hitung-hitung motivasi buat diri sendiri.


 

Jangan tanya berapa tahun aku mengakhirinya.tidak cepat dan juga tidak lama. jadi, berapa? ini bukan soal hitungan hari, jadi aku tidak mau meng-angka-kannya. Pengalaman selama kuliah itu lah yang tidak bias dihargai dengan angka-angka.


 

Sudah lama aku ingin menulis tentang bagaimana aku melewati masa kuliah yang amat "menyenangkan" ini (biar dibilang bersyukur, padahal sih....)


 

Salah satunya tentang satpam atau sebutan kerenya s e k u r i t i (padahal sih sama saja).

Ketika pertama masuk kuliah hal yang paling membuat aku tidak betah adalah perpustakaan yang seadanya (sekarang sih udah keren banget), pelayanan di BAK (nggak ada ramah-ramahnya. kayaknya yang direkrut untuk jadi pegawai BAK itu yang judes-judes!sampai sekarang masih tuh), dan Satpam (idem dengan BAK).


 

Dibandingkan dengan satpam di kampus lain, satpam UIn memang jauh banget. satpam UMM misalnya, mereka selalu menyapa dengan ramah dan menempatkan dirinya sebagai pelayan civitas akademika. nah, di kampusku tercinta ini, satpamnya berlagak bos. walaupun aku sudah pasang senyum lima jari, tetap aja nggak ada rama-ramahnya. sering sih, kirim sms protes ke pak rektor dan dibalas. tapi tetap aja...!


 

Tapi itu dulu...

Sebelum dua satpam baru itu bergabung menjadi 'Guardian Angel' di kampus. mereka kemudian menjadi penjaga gerbang yang selalu ramah dan mengumbar senyum. tapi yang paling keren yang satunya. dan baru tahu belakangan ini kalau namanya Ferry. Mas Ferry! padahal dari dulu tag nama itu terpasang di dadanya,tapi aku nggak notice.


 

Nah karena mas Ferry ini lah au kemudian menaikkan grade penilaiankua atas satpam kampus. Mas Ferry ini pribadinya sangat menyenangkan. walaupun aku nggak kenal dekat, tapi dari pembawaannya yang selalu tesenyum dengan muka berseri-seri, itu tidak diragukan lagi. dia selalu tersenyum lima jari kayak aku:)


 

Begitu aku mau melewati gerbang tempat dia berjaga, biasanya dia langsung mengucap salam dan memsang senyum lima jarinya itu. baru kemudian mengecek STNK. setelah selesai, biasanya aku membalas memberikan senyum lima jari dan mengucap terima kasih. Nah, dia pasti akan bilang "sama-sama mas, hati-hati di jalan". dengan tetap tersenyum.

Aduh..sekuriti BCA kalah jauh lah sama Mas ferry ini. Apalagi sama front office rektorat yang belagu dan judes banget itu.

Menurutku sih, Mas Ferry ini cocoknya jadi customer service atau manajer marketing sekalian di perusahaan bonafide. Benar-benar pelayanan dari hati.

Aku jadi curiga, jangan-jangan dia alumni "Mr. Indonesia" dan dididik khusus kepribadian sama ibu Mooryati Sudibyo, atau Marta Tilaar.

Nah, mas ferry ini cukup membuat aku bertahan buat betah kuliah di kampus ini. Aku pun bela-belain keluar dari kampus melalui gerbang yang dijaga sama Mas ferry. Kalau dia jaga di gerbang depan, aku ikut keluar lewat gerbang depan. Pas lagi jaga di gerbang belakang, aku bela-belain keluar lewat gerbang belakang juga.

Seorang teman ketika membaca catatan ini di FB berkomentar begini:

    "Wah! Kayaknya Banyak Fans tu satpam, gimana kalo bikin Satpam idol aja, kayaknya nice to meet you..!!hehehe!

Oke, sedikit cerita tentang Satpam di UB.

kalo di UIn (untuk maksud penulisan UIn baca post pertama) ada mas ferry si bawang putih (sebut saja demikian), kayaknya bawang merahnya semua ngumpul di UB, semua satpamnya sok berkuasa, sok penting (sebenarnya emang penting sih) dan sok2 lainya (maaf kalo jadi ngomongin orang, kebawa suasana ne), kalo mas ferry selalu dengan senyum 5 jarinya, satpam UB gak mau kalah selalu dengan senyum -5 jarinya (bisa kalian bayangkan sendiri), walau tampang msih lulusan SMA tapi wuh gayanya bok udah kayak lulusan penjara!!. Believe it or not, untuk membuktikan Silahkan saja bertandang ke universitas yang kemarin juara umum PIMNAS XXII (promosi dikit) jika ingin membuktikan gimana si bawang merah bekerja"

Kayaknya itu ide yang oke juga, Satpam Kampus of The Year. Tapi jangan aku yang jadi jurinya karena jelas I"ll vote for Mas Ferry!!


 

Kalian pada tahu kan siapa Mas Ferry? Cerita dong gimana kesan kalian sama dia...!


 

No comments:

Post a Comment

Whaddaya think?