Monday, May 11, 2009

Antara Janjiku dan Skripsi


 

Ini tentang skripsiku yang menjadi "center" kehidupanku belakangan ini. Banyak hal yang aku ikrarkan untuk membuat skripsi ini selesai dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Mulai dari tekad untuk nggak keluar rumah sebelum munulis skripsi setiap harinya sampai nggak akan menyentuh kolam renang sebelum skripsi selesai. Tapi toh akhirnya semua janji itu dengan semena-menadan tidak senonoh kulanggar sendiri.

Ini dia janji-janjiku yang aku ikrarkan demi skripsiku yang kalau dia sudah selesai bakal membuat aku senang sekali:

  1. Tidak keluar rumah sebelum menulis skripsi setiap harinya. Ini memang sangat spektakuler. Bayangin aja kalau aku setiap pagi menulis skripsi barang 1,5 jam saja. Paling dua minggu juga sudah kelar. Iya sih, aku ngetem depan laptop pagi-pagi tiap hari. File skripsi tersenyum mengoda menunggu dijamah terpampang di monitorku. Tapi setelah itu banyak hal yang menggodaku untuk selingkuh dari skripsi. Mulai dari memilah-milah file yang penting dan tidak penting buat dihapus sampai lihatin klip yang padahal sudah ditonton berkali-kali. Kalau ada bidang pekerjaan yang spesifikasinya mengatur-ngatur file dan folder, I'm the Expert!!!
  2. Janjiku yang kedua adalah tidak keluar kota buat jalan-jalan sebelum skripsi selesai. Sejauh ini janji ini yang masih kuat aku pertahankan. Pernah sih hampir ikutan Camping sama anak-anak The Gankzs. Tapi untungnya imanku masih kuat. Tinggal tunggu saja apa aku masih kuat menahan godaan anak-anak super- genit -tukang -manas-manasin orang itu buat campin ke Pulau Sempu minggu depan. Soalnya aku mau membayar semua pusa jalan-jalanku itu dengan Liburan Super panjang di Bali(yang panjang-panjan memang menggoda). Sudah janjian sama Chris.
  3. Nggak bakalan nyentuh kolam renang sebelum kelar skripsian. Sepertinya janji yang ini yang paling mengenaskan. Dengan tidak senonoh aku sudah melanggar janji itu sebelum genap seminggu aku mengikrarkannya. Renang dari pagi buta sampai siang sampe mata merah kayak orang mabok. Kayak tadi pagi, aku renang dari jam 7 sampai setengah 11. Pas kelar renang kok aku merasa udara di seputar kolam kog berkabut ya? Asapnya itu seolah-olah memenuhi celah-celah daun palem dan menyentuh tanah. Ah, paling-paling juga asap dari sampah yang dibakar sama petugas kebersihan kompleks pikirku. Tapi kok di shower room juga penuh asap. Ah, paling juga asap dari air yang menguap. Secara kan showernya air panas. Tapi aku tersadar ketika menuju tempat parker, kok mataku jadi kayak rabun gitu. Aduh, pasti gara-gara kelamaan renang nggak pake kacamata! Benar saja sepanjang jalan kok semuanya jadi berkabut. Aku jadi takutsekali. Tidak!! Aku nggak mau pake kacamata sekarang! Akhirnay kukebut motorku dengan penglihatan seadanya dengan tujuan sapai di rumah cepat-cepat dan tidur. Mungkin setelah tidur, akan jadi lebih baik. Huh, untung tadi nggak komplai ke petugas kolam renangnya karena "kabut" itu. Bisa diketawain aku!
  4. Nggak baca novel dan buku-buku yang tidak berkaitan dengan skripsi. Awalnya aku konsisten dengan janji ini. Tapi belakangan aku merasa kering banget tanpa petualangan imajinasi sama sekali. Akhirnya aku malah baca-baca novel baru lagi dan kadang kalau sudah sumpek, semalaman membaca aja pekerjaanku.

Yah, itu janji-janjiku yang ternyata cukup ampuh juga buat aku betah kencan sama si Skripsi. Akan tercapaikah targetku buat menyelesakan skripsi paling lambat tanggal 25 Mei (gampar yang bilang tahun depan!!)? Untungnya aku tidak berkomitmen buat nggak facebookan dan blogging. Bisa merana banget hidupku, macam popeye nggak dikasih bayam.


 

Anak 2004, adu cepat yuk!!! (Abel yang katanya sedang rajin, kalau antum nggak bisa selesai mei ini, keinginan untuk jadi Maba lagi itu diturutin aja! Tantangan ini juga berlaku buat ukhti Anti dkk. Bambang T. juga!!)

6 comments:

  1. skripsi memang menyeramkan tapi jangan sanpe bikin Qt tersiksa Bro.....kalo bikin janji ama diri sendiri jangan yg ruet2...yg bikin Qt seneng ajah...ingat hidup didunia itu cuma sekali bro...so anjoy aja...skripsi jalanin,jalan2 jg jalanin...biar adil...
    kalo janji ane sekarang ini: blm mau ngadep dosen pembimbing sebelum selesai ke pulau sempuh....
    heheheh...

    ReplyDelete
  2. Oya Bro.....LINK Blog Abel donk....pnya ante udah ane LINK tu biar terkenal....

    ReplyDelete
  3. haha lucu, smangadhhhhhhhhhhh!!!
    btw skripsiku....:(
    oshinabu!!!

    ReplyDelete
  4. Seperti Hatta, dulu...
    Ia pernah berkata, "Aku tidak akan berdansa, menum minuman keras dll sebelum Indonesia merdeka...!"

    Mangat Boy...

    ReplyDelete
  5. Angkatan 2004 ikh1 ato akhwat!!! kalian kalah telak denganQ...(agak besar kepala)

    ReplyDelete
  6. @Lavida, lama di kampus itu menyenangkan bgt lo. jadi mahasiswa kan keren...(menghibur diri)
    @suaidi, wah ane mirip sama Hatta ya? kalo next presidenx Suaidi Bakhtiar, berarti tokohx Erik Marangga. pantas tak?

    ReplyDelete

Whaddaya think?