Sunday, May 15, 2011

Batam (Bukan) Dalam Kenangan


Batam Centre dari seberang teluk. Pantai kecil tempat saya mengambil foto ini hanya berjarak beberapa koprolan saja dari Mega Mall Batam Centre

Sudah lima hari ini asya berada di Batam. Di 'kota pulau' industry ini saya diutus oleh kantor saya untuk membuka cabang baru institusi kami. Saya terbang dari Padang karena baru menyelesaikan pekerjaan di sana juga. Ternyata terbang dari Padang ke Batam itu dekat sekalee saudara. Saya sampai kecewa karena terpaksa menutup bacaan saya yang belum kelar. Nampaknya bule di samping saya itu pun kecewa karena cuma nonton filmnya sepotong kecil saja.


 

Sudah lima hari tapi baru nulis? Biasanya begitu sampai di suatu tempat baru langsung menulis. Hehe…saya kesulitan menulis karena soul saya belum sepenuhnya menyatu dengan atmosphere kota ini. Maklum, kemarin-kemarin saya kembali dilanda badai jiwa (again). Tapi sekarang badai itu telah menjelma menjadi riak-riak ombak kecil yang memungkinkan saya untuk menikmati setiap detail seperti biasanya .


 

Saya tidak melakukan riset sebelum berangkat ke kota ini karena saya ingin merasakan surpsise. Lagipula saya percaya penuh kepada sahabat saya, Ridho yang sudah terlebih dahulu berada di sini. Tapi sebelum saya ke kota ini, ada satu hal yang saya lakukan. Menghafal kembali lagu 'Batam dalam Kenangan' dari SP. Itu lagu favorit saya dan Ridho ketika kulih dulu. Dulu kami sering menyanyikan dengan suara kami yang keren-keren itu pagi-pagi di rumah kontrakan kami. Biasanya kalau satu orangsudah nyanyi, yang lain pada ngikut dan akan berlanjut ke lagu-lagu lainnya sampai pake side A side B segala *oke, ini lebay*


 

Akhirnya kejadian juga saya menyanyikan lagu itu persis di daerah Nagoya.

Dipagi itu Nagoya berseri
Di muka kuning kudapatkan rumah suci

Disana kulabuhkan sejenak dipesanggrahan hati
Sambil menganyam gaun rindu sanubari
Menguak takbir kebesaran Illahi


 

Teman saya yang menyetir sampai geleng-geleng kepala 'menikmati' suara merdu saya dan Ridho. Satu minggu ini lagu itu masuk dalam playlist favorit saya. Lagu ini keren banget loh. Apalagi kalau anda orang Batam, wajib masuk dalam favorit playlist deh.


 

Banyak hal menakjubkan yang saya dapat dari Batam. Saya bertemu dengan orang yang sedari dulu cuma berhubungan dengan lewat orang lain untuk masalah pekerjaan. Saya juga tidak tahu nama orang tersebut. Eh, ketika sampai di Batam, orang inilah yang menjadi partner kerja saya. Seorang perempuan luar biasa. What a small world, eh?

Selain itu, saya juga bertemu dengan orang satu tanah kelahiran dengan saya, Bima yang juga kenal dan dekat dengan partner kerja saya tadi. Tidak berhenti di situ, saya juga akan bertemu dengan partner kerja, teman satu aktifitas di kampus dulu yang ternyata juga tanpa berada di kota ini mengikuti suaminya yang bekerja di sini. Hmmm….besok-besok ada kejutan apa lagi ya?


 

Karena baru mulai bisa menyatukan jiwa saya dengan atmosphere kota ini, saya belum bisa menulis banyak. Yang pasti, fisik kota ini adalah bangunan-bangunan menjulang dan mal-mal megah di mana-mana. Ruko-ruko juga menjadi bangunan yg mendominasi. Kalau sama mal sih, sya sangat familiar karena tempat pertama yang saya kunjungi beberapa jam setelah landing adalah Nagoya Hill Mall, saya menghabiskan malam ngobrol dengan Ridho di Coffee Town. Ruang Kerja, ruang tamu dan sekaligus ruang tengah kami di sini. Mau apa pun nama mallnya, Coffee
Town tetap menjadi tujuan kami. Coffee Shop ini ada di hampir semua mall seantero Batam.




Sudut Coffee Town, Ruang kerja, ruang tamu dan ruang tengah baru saya

 

Oke, mulai sekarang saya akan menulis sedikit-sedikit tenatng batam. Kalau saya malas menulis pun, saya akan memposting gambar-gambar tangkapan saya untuk bercerita.


 

Eh, dari tadi kan saya menulisnya specific product placement gitu ya. Coffee Town Bakal ngasih saya diskon nggak ya kalau saya bawa tulisan ini?



Pelabuhan Ferry Internasional, batam Centre. Ada sekitar 4 Pelabuhan seperti ini di Batam yg melayani perjalanan ke Singapore

No comments:

Post a Comment

Whaddaya think?